Ngidam, Apa Sih?

10-mitos-e-crenc3a7as-na-sac3bade-qualquer-obstetra-estc3a1-apto-a-efetuar-ecografias-na-gravidez

Ilustrasi Ibu Hamil Ketika USG (Source : Google)

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan, baik itu oleh si calon ibu ataupun si calon ayah. Biasanya, saat seorang wanita sedang hamil, ada kalanya mereka meminta sesuatu yang macam-macam, seperti ingin dibelikan pecel lele pada jam dua malam, ingin dibelikan nasi padang, nah hal inilah yang kita kenali sebagai ngidam. Lalu, apasih sebenarnya ngidam itu?

Dikutip dari Ngobrolkesehatan.wordpress.com, ngidam dapat diartikan sebagai kondisi tidak stabilnya emosi yang dialami oleh ibu hamil karena adanya perubahan fisik, hormonal, dan psikis pada wanita hamil. Ngidam pada umumnya digambarkan sebagai keinginan wanita hamil pada makanan tertentu di luar kebiasannya (ketika belum mengandung).

Setelah mewawancarai Bidan Pupu Muflihatun, salah satu Bidan di Puskesmas Bangkonol, Kab.Pandeglang, Banten, Rabu (12/7/2017) mengatakan bahwa ngidam merupakan hal yang masih menjadi misteri. “Di dunia kesehatan sendiri, ngidam masih misteri. Tapi kemungkinan besarnya, ngidam terjadi karena sang ibu sedang kekurangan nutrisi atau zat tertentu dalam tubuhnya sehingga tubuhnya merespon hal tersebut lewan indera perasanya. Contohnya saja seperti ini, ketika si ibu mengidam makan mangga muda, mungkin saja dia sedang kekurangan vitamin C dalam tubuhnya,” jelasnya.

Bidan Pupu juga menjelaskan bahwa hal ini juga dipengaruhi karena perubahan hormon sang ibu. “Karena bisanya pada trimester pertama, kebanyakan ibu hamil mengalami hormone yang selalu mudah untuk berubah-ubah setiap saatnya. Hal itu juga berpengaruh pada indera perasa si Ibu, dan juga berpengaruh pada nafsu makan atau semakin sensitifnya si ibu terhadap wangi-wangian masakan. Bahkan biasanya ada yang sampai tidak suka dengan wangi masakan tertentu dan sering muntah karena menolak makanan itu,”

Sebenarnya, hal itu merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Apalagi pada ibu hamil yang baru pertama kali mengandung. Trimester pertama merupakan suatu cobaan berat bagi si calon ibu maupun calon ayah. Karena saat trimester pertama ini, tidak jarang sampai ada yang harus bed rest atau istirahat dengan total karena kondisi badannya yang lemah.

Adapun perihal mitos yang mengatakan bahwa, “kalo nggak dipenuhin ngidamnya, ketika anak itu lahir maka akan ileran,” menurut Bidan Pupu adalah hal yang tidak benar.

“Ngidam sebenarnya nggak semuanya harus di penuhi. Kalau memang saat mengidam dia meminta sesuatu yang membahayakan dirinya sendiri maupun bayinya, maka hal itu tidak harus dilakukan,” terangnya. Ia juga mengatakan bahwa saat mengalami kondisi ngidam ini, baik si calon ibu maupun calon ayah harus cermat dan mengerti hal-hal ataupun makanan dan kegiatan yang tidak boleh dikonsumsi dan dilakukan oleh ibu hamil. “Jadi, calon ayah dan ibunya aja yang harus cermat. Biar bagaimanapun kan, itu akan menentukan bagaimana nanti bayinya lahir. Ibu yang sedang hamil itu harus terpenuhi segala nutrisi dan vitaminnya, kesehatannya juga harus dijaga dengan baik, karena kalau ibunya sehat maka bayinya juga akan sehat,” lanjutnya.

Image result for buah-buahan

Bidan Pupu juga menjelaskan menganai makanan dan buah apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil ketika masa mengandungnya. “Sebenarnya nggak ada pantangan makanan bagi ibu hamil, yang penting segala nutrisi dan vitaminnya terpenuhi. Hal itu bisa didapatkan dari banyak memakan sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Kalau misalkan si ibu merasa bahwa dia membutuhkan tambahan suplemen sepeti vitamin, saran saya ibu hamil tersebut berkonsultasi dulu dengan Bidan atau dokter kandungan yang menanganinya,” terangnya. “Dan, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil,” tutupnya sambil tersenyum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s