HARGA BAHAN POKOK NAIK JELANG LEBARAN, MENDAG : TAHUN INI HARGANYA STABIL

Image result for pasar

Jakarta, Lunarialiva.wordpress.com – Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran atau saat bulan puasa merupakan hal yang wajar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan harga bahan pokok ini juga melonjak naik saat menjelang lebaran, terutama harga daging dan beberapa bahan pokok seperti cabai.

Seperti kenaikan harga yang terjadi di Pasar Menes, Kec.Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, harga daging ayam awalnya satu kilo hanya berkisar antara Rp25.000-Rp30.000 ribu rupiah, namun menjelang lebaran harganya menjadi 40 ribu rupiah. Begitu pula dengan daging sapi. Sekilonya, daging sapi dibandrol seharga Rp140.00 rupiah. “Iya mbak, karena mau lebaran, daging kerbau sekilo harganya jadi Rp140.000, itu juga kita naikinnya udah ngepas sama harga disananya mbak,” terang Deni (35) Rabu (23/6/2017), salah satu penjual daging di pasar tersebut. Tapi, meskipun harganya cukup tinggi, Deni mengatakan bahwa dagangannya selalu habis, terutama saat H-2 dan H-1 lebaran. “Iya mbak, dagangannya saya selalu laku. Bahkan pedagang yang lain juga begitu,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Mendag sendiri mengatakan bahwa kenaikkan harga bahan pokok yang terjadi pada lebaran tahun ini dirasa stabil.

Seperti dilansir oleh Kompas.com, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa memasuki bulan Ramadhan, stok dan harga sejumlah barang pokok terkendali.  Menurutnya, komoditas yang sempat mengalami pergerakkan harga, yakni bawang putih, mulai berangsur stabil setelah Pemerintah mengatur tata niaga impornya dan menjembatani komunikasi antara importer, distributor, pedagang besar, dan ritel modern.

Salah seorang warga bernama Omah (25) mengatakan bahwa sebenarnya harga bahan pokok menjelang lebaran setiap tahunnya sedikit membuat warga merasa kecewa. “Gimana ya, mbak, kita kan bukan orang punya yah istilahnya, jadi harga segitu beneran mahal banget buat kita. Tapi ya karena kita juga butuh, mau nggak mau ya kita harus beli,” katanya.

Inflasi mendadak saat menjelang lebaran memang sudah bisa terjadi. Namun, ada baiknya pemerintah melakukan penangan yang lebih serius mengenai hal ini. Seperti melakukan blusukan ke pasar-pasar untuk menyetarakan harga normalnya. Hal ini memang sudah sering dilakukan pemerintah, tapi kebanyakan pasar-pasar yang berada di kota-kota kecil tidak terjangkau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s