Kucing Bisa Bikin Mandul, Mitos Atau Fakta?

Image result for kucing

 

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling digemari oleh banyak orang untuk dijadikan binatang peliharaan. Selain karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, bulu kucing juga merupakan salah satu faktor kenapa kucing sangat digemari. Tapi, ada beberapa orang yang menganggap kalau bulu kucing dapat membuat wanita mandul atau tidak bisa hamil, benarkah demikian?

Ternyata, setelah mewawancarai Dr.Frensis, salah satu dokter umum di sebuah klinik, Rabu [13/7/2017] mengatakan bahwa hal tersebut adalah fakta. “Sebenarnya, penyebab kemandulan pada manusia dipicu oleh infeksi parasit Toxoplasma. Parasit ini tumbuh bukan hanya pada bulu kucing, tapi juga pada hewan lain seperti anjing, ayam, burung, kuda, dan juga tikus. Hanya saja ada perbedaan pada parasit Toxoplasma pada bulu kucing” katanya.

Perbedaan tersebut terletak pada cara perkembangbiakkan parasit Toxoplasma. Kalau dalam hewan lainnya, parasit Toxoplasma berkembangbiak dengan cara aseksual atau membelah diri. Namun pada blu kucing, parasit tersebut berkembangbiak dengan cara aseksual dan seksual. Hal ini menyebabkan parasit tersebut jadi lebih cepat dalam proses berkembangbiak pada bulu kucing dan menyebabkan kucing dituduh sebagai hewan yang paling besar menyebabkan kemandulan.

Lalu, bagaimana parasit Toxoplasma itu menular pada manusia?

Menurut Dr.Frensis, parasit Toxoplasma bisa berkembang baik pada kucing ketika kucing diberikan daging yang mentah atau setengah matang. Hal ini karena kista Toxoplasma awalnya masuk ke dalam mulut kucing melalui makanan mentah tersebut, lalu dicerna oleh kucing dan dikeluarkan bersamaan dengan feses kucing. Dari feses inilah, saat manusia membersihkan feses tersebut parasit itu bisa menular pada manusia. Toxoplasma juga bisa menular dari menciumi kucing dan bulunya ikut terhirup ke saluran pernapasan kita.

“Gejala awal Toxoplasma itu sama seperti sakit flu, demam ringan, dan pasien juga menderita sakit kepala. Karena sakit ini tergolong sakit-sakit biasa, banyak yang nggak sadar kalau sebenarnya mereka sudah terkena parasit Toxoplasma,” ungkap Dr.Frensis. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kemandulan bagi pria dan wanita yang sudah tercemar parasit Toxoplasma, karena parasit tersebut menyebabkan peradangan pada saluran sperma bagi pria dan saluran telur pada wanita.

Ada beberapa cara untuk mencegah kucing terkena parasit Toxoplasma, yaitu :

  1. Berikan Kucing Makanan Matang dan yang sudah dibersihkan dengan baik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, makanan mentah atau setengah matang merupakan salah satu tempat kista Toxoplasma tumbuh dan akhirnya masuk ke dalam tubuh kucing. Jadi, untuk mengantisipasi hal tersebut, berilah kucing makanan yang matang dan sudah dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Menjaga Kebersihan Kucing

Menjaga kebersihan kucing bisa dilakukan dengan misalnya, memandikan kucing seminggu sekali. Dalam hal memandikan kucing ini, jangan terlalu sering dilakukan karena justru akan berbahaya pada kesehatan kucing itu sendiri. Lalu, bersihkan kandang atau tempat bermain kucing, tempat makannya, dan hal-hal lain yang ada di sekitar kucing.

  1. Jangan Terlalu Sering Kontak dengan kucing

Hal yang satu ini sepertinya yang paling sulit untuk dilakukan, karena biasanya para penggemar kucing akan susah sekali untuk lepas dengan kucing kesayangan mereka, apalagi tingkah kucing yang lucu membuat kita ingin sekali bermain dengan mereka. Tapi, untuk meminimalisir Toxoplasma, kita dianjurkan untuk tidak terlalu sering berkontak dengan kucing. Dan, kalau bisa, setelah bermain dengan kucing, cucilah tangan anda agar higienis kembali.

  1. Memberikan Vaksin

Jangan pernah lupa untuk memberikan vaksin pada kucing. Karena vaksin bisa membuat kucing semakin sedikit kemungkinan untuk terkena Toxoplasma.

  1. Memberikan Vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh kucing

Kekebalan daya tahan tubuh kucing juga menjadi salah satu faktor yang membuat kucing mudah terkena penyakit, contohnya parasit Toxoplasma. Karena itu, sering-sering lah membawa kucing ke dokter hewan untuk diberikan vaksin dan juga vitamin guna menjaga kekebalan tubuh kucing.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s