Hello!

12362257_908246075961527_26808308_n

Tidak semua hal mampu kau ungkapkan lewat perkataanmu. Jadi, aku memilih mengungkapkan hal yang tidak terungkap itu lewat tulisanku.

Selamat membaca.

Regards,

Lunarialiva

[Review Novel] Scarlet (The Lunar Chronicles #2) by Marissa Meyer

Layout Cove Scarlet (New)-2Judul : Scarlet (The Lunar Chronicles #2)

Penulis : Marissa Meyer

Bahasa : Indonesia

Penerbit : Spring

Penerjemah : Dewi Sunarni

Penyunting : Selsa Chintya

ISBN : 978-602-71505-6-0

440 halaman.

Rate : 4/5

Sinopsis :

Nenek Scarlet Benoit, Michelle Benoit. menghilang tanpa jejak. Bahkan kepolisian berhenti mencarinya dan menganggap wanita itu melarikan diri atau bunuh diri.

Marah dengan keputusan dari pihak kepolisian, Scarlet membulatkan tekad untuk mencari neneknya bersama dengan seorang pemuda petarung jalanan bernama Wolf, yang kelihatannya menyimpan informasi tentang hilangnya nenek Scarlet.

Apakah benar Wolf bisa dipercaya? Rahasia apa yang disimpan Michelle Benoit sampai dia harus menghilang?

Di belahan bumi yang lain, status Cinder berubah dari mekanik ternama menjadi buronan yang paling diinginkan di seluruh penjuru Persemakmuran Timur. Dapatkah Cinder sekali lagi menyelamatkan Pangeran Kai dan bumi dari Levana?

***

Continue reading

[Review Novel] Cinder (The Lunar Chronicles #1) By Marissa Meyer

Layout Cover Cinder copy

Judul : Cinder

Penulis : Marissa Meyer

Bahasa : Indonesia

Penerbit : Penerbit Spring

Penerjemah : Yudith Listiandri

Hal : 340 Halaman

ISBN : 978-602-71505-4-6

Rate : 4/5

Sinopsis :

Wabah baru tiba-tiba muncul dan mengecam populasi penduduk Bumi yang dipenuhi oleh manusia, cyborg, dan android. Sementara itu, di luar angkasa, orang-orang Bulan mengamati mereka, menunggu waktu yang tepat untuk menyerang.

Cinder, seorang cyborg, adalah mekanik ternama di New Beijing. Gadis itu memiliki masa lalu yang misterius, diangkat anka dan tinggal bersama ibu dan dua orang saudari tirinya. Suatu saat, dia bertemu dengan Pangeran Kai yang tampan. Dia tidak mengira bahwa pertemuannya dengan sang Pangeran akan membawanya terjebak dalam perseteruan antara Bumi dan Bulan. Dapatkah Cinder menyelamatkan sang Pangeran dan Bumi?

 

***

Continue reading

APLIKASI TELEGRAM DIBLOKIR, BAGAIMANA PENDAPAT MASYARAKAT?

Image result for telegram

Aplikasi Telegram (Source : Google)

 

JAKARTA, Lunarialiva.wordpress.com – Pemblokiran pada aplikasi Telegram direncanakan akan dilakukan pada hari Senin (17/7/2017) oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Seperti dilansir dari Detik.com, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan bahwa alasan diblokirnya aplikasi telegram di Indonesia adalah karena aplikasi ini memuat 17 ribu halaman yang mengandung unsure terorisme, radikalisme, paham kebencian dan juga cara bagaimana merakit bom. Selain itu, Telegram juga dinilai mengandung banyak gambar senonoh dan lain-lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Telegram sendiri merupakan jenis aplikasi pesan instan atau messenger yang hampir mirip dengan fitur pada aplikasi Whatsapp. Gunanya untuk melakukan chatting dengan orang lain. Meski memiliki fitur yang mirip, tapi telegram digadang-gadang lebih cepat dalam proses pengiriman pesan dibandingkan dengan aplikasi chattin atau pesan instan lainnya.

Dengan resmi diblokirnya telegram, ada beberapa pro dan kontra di dalamnya. Masyarakat yang biasa menggunakan aplikasi ini merasa bahwa keputusan Kominfo dirasa berlebihan. “Lebay banget mbak menurut saya. Memang mungkin tujuannya baik, tapi kan kalo masalah konten-konten di dalamnya yang mengandung unsure apalah itu, kan tergantung yang memakainya aja. Udah biasa pakai telegram sih, jadi agak nggak setuju aja gitu mbak,” terang Nissa, Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Serang Raya (UNSERA) Banten, Sabtu (15/7.2017). Dia berpikir bahwa meskipun muatan Telegram sebagian ada yang tidak sesuai, yang menentukan dampaknya tetaplah si pemakai. “Gini aja deh mbak, kalo misalkan gada Telegram juga, kalau orangnya udah dasarnya jahat sih ya jahat aja mbak,” lanjutnya.

Namun, selain terdapat kontra, juga ada beberapa pihak yang sangat setuju dengan keputusan kominfo ini. Seperti yang dikatakan Achmad, Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dia mengatakan bahwa dia sangat setuju dengan keputusan yang diambil oleh Kominfo. “Itu adalah salah satu cara meminimalisir tindak kejahatan sih mbak, kalo menurut saya. Karena sebenarnya, untuk era sekarang ini, tindak kejahatan lebih dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi dan beberapa informasi yang ada di dalamnya. Dan kalaupun memang benar bahwa Telegram mengandung hal-hal yang melenceng itu, ya kalo menurut saya sih langkah yang diambil sudah benar. Peerintah berarti berusaha untuk melindungi anak-anak bangsa,” katanya.

Belum ada kelanjutan pasti mengenai pemblokiran Telegram ini, namun Kominfo bersitegas bahwa mereka benar-benar akan memblokir aplikasi Telegram di Indonesia.

 

 

HARGA BAHAN POKOK NAIK JELANG LEBARAN, MENDAG : TAHUN INI HARGANYA STABIL

Image result for pasar

Jakarta, Lunarialiva.wordpress.com – Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran atau saat bulan puasa merupakan hal yang wajar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan harga bahan pokok ini juga melonjak naik saat menjelang lebaran, terutama harga daging dan beberapa bahan pokok seperti cabai.

Seperti kenaikan harga yang terjadi di Pasar Menes, Kec.Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, harga daging ayam awalnya satu kilo hanya berkisar antara Rp25.000-Rp30.000 ribu rupiah, namun menjelang lebaran harganya menjadi 40 ribu rupiah. Begitu pula dengan daging sapi. Sekilonya, daging sapi dibandrol seharga Rp140.00 rupiah. “Iya mbak, karena mau lebaran, daging kerbau sekilo harganya jadi Rp140.000, itu juga kita naikinnya udah ngepas sama harga disananya mbak,” terang Deni (35) Rabu (23/6/2017), salah satu penjual daging di pasar tersebut. Tapi, meskipun harganya cukup tinggi, Deni mengatakan bahwa dagangannya selalu habis, terutama saat H-2 dan H-1 lebaran. “Iya mbak, dagangannya saya selalu laku. Bahkan pedagang yang lain juga begitu,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Mendag sendiri mengatakan bahwa kenaikkan harga bahan pokok yang terjadi pada lebaran tahun ini dirasa stabil.

Seperti dilansir oleh Kompas.com, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa memasuki bulan Ramadhan, stok dan harga sejumlah barang pokok terkendali.  Menurutnya, komoditas yang sempat mengalami pergerakkan harga, yakni bawang putih, mulai berangsur stabil setelah Pemerintah mengatur tata niaga impornya dan menjembatani komunikasi antara importer, distributor, pedagang besar, dan ritel modern.

Salah seorang warga bernama Omah (25) mengatakan bahwa sebenarnya harga bahan pokok menjelang lebaran setiap tahunnya sedikit membuat warga merasa kecewa. “Gimana ya, mbak, kita kan bukan orang punya yah istilahnya, jadi harga segitu beneran mahal banget buat kita. Tapi ya karena kita juga butuh, mau nggak mau ya kita harus beli,” katanya.

Inflasi mendadak saat menjelang lebaran memang sudah bisa terjadi. Namun, ada baiknya pemerintah melakukan penangan yang lebih serius mengenai hal ini. Seperti melakukan blusukan ke pasar-pasar untuk menyetarakan harga normalnya. Hal ini memang sudah sering dilakukan pemerintah, tapi kebanyakan pasar-pasar yang berada di kota-kota kecil tidak terjangkau.

Ngidam, Apa Sih?

10-mitos-e-crenc3a7as-na-sac3bade-qualquer-obstetra-estc3a1-apto-a-efetuar-ecografias-na-gravidez

Ilustrasi Ibu Hamil Ketika USG (Source : Google)

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan, baik itu oleh si calon ibu ataupun si calon ayah. Biasanya, saat seorang wanita sedang hamil, ada kalanya mereka meminta sesuatu yang macam-macam, seperti ingin dibelikan pecel lele pada jam dua malam, ingin dibelikan nasi padang, nah hal inilah yang kita kenali sebagai ngidam. Lalu, apasih sebenarnya ngidam itu?

Dikutip dari Ngobrolkesehatan.wordpress.com, ngidam dapat diartikan sebagai kondisi tidak stabilnya emosi yang dialami oleh ibu hamil karena adanya perubahan fisik, hormonal, dan psikis pada wanita hamil. Ngidam pada umumnya digambarkan sebagai keinginan wanita hamil pada makanan tertentu di luar kebiasannya (ketika belum mengandung).

Setelah mewawancarai Bidan Pupu Muflihatun, salah satu Bidan di Puskesmas Bangkonol, Kab.Pandeglang, Banten, Rabu (12/7/2017) mengatakan bahwa ngidam merupakan hal yang masih menjadi misteri. “Di dunia kesehatan sendiri, ngidam masih misteri. Tapi kemungkinan besarnya, ngidam terjadi karena sang ibu sedang kekurangan nutrisi atau zat tertentu dalam tubuhnya sehingga tubuhnya merespon hal tersebut lewan indera perasanya. Contohnya saja seperti ini, ketika si ibu mengidam makan mangga muda, mungkin saja dia sedang kekurangan vitamin C dalam tubuhnya,” jelasnya.

Bidan Pupu juga menjelaskan bahwa hal ini juga dipengaruhi karena perubahan hormon sang ibu. “Karena bisanya pada trimester pertama, kebanyakan ibu hamil mengalami hormone yang selalu mudah untuk berubah-ubah setiap saatnya. Hal itu juga berpengaruh pada indera perasa si Ibu, dan juga berpengaruh pada nafsu makan atau semakin sensitifnya si ibu terhadap wangi-wangian masakan. Bahkan biasanya ada yang sampai tidak suka dengan wangi masakan tertentu dan sering muntah karena menolak makanan itu,”

Sebenarnya, hal itu merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Apalagi pada ibu hamil yang baru pertama kali mengandung. Trimester pertama merupakan suatu cobaan berat bagi si calon ibu maupun calon ayah. Karena saat trimester pertama ini, tidak jarang sampai ada yang harus bed rest atau istirahat dengan total karena kondisi badannya yang lemah.

Adapun perihal mitos yang mengatakan bahwa, “kalo nggak dipenuhin ngidamnya, ketika anak itu lahir maka akan ileran,” menurut Bidan Pupu adalah hal yang tidak benar.

“Ngidam sebenarnya nggak semuanya harus di penuhi. Kalau memang saat mengidam dia meminta sesuatu yang membahayakan dirinya sendiri maupun bayinya, maka hal itu tidak harus dilakukan,” terangnya. Ia juga mengatakan bahwa saat mengalami kondisi ngidam ini, baik si calon ibu maupun calon ayah harus cermat dan mengerti hal-hal ataupun makanan dan kegiatan yang tidak boleh dikonsumsi dan dilakukan oleh ibu hamil. “Jadi, calon ayah dan ibunya aja yang harus cermat. Biar bagaimanapun kan, itu akan menentukan bagaimana nanti bayinya lahir. Ibu yang sedang hamil itu harus terpenuhi segala nutrisi dan vitaminnya, kesehatannya juga harus dijaga dengan baik, karena kalau ibunya sehat maka bayinya juga akan sehat,” lanjutnya.

Image result for buah-buahan

Bidan Pupu juga menjelaskan menganai makanan dan buah apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil ketika masa mengandungnya. “Sebenarnya nggak ada pantangan makanan bagi ibu hamil, yang penting segala nutrisi dan vitaminnya terpenuhi. Hal itu bisa didapatkan dari banyak memakan sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Kalau misalkan si ibu merasa bahwa dia membutuhkan tambahan suplemen sepeti vitamin, saran saya ibu hamil tersebut berkonsultasi dulu dengan Bidan atau dokter kandungan yang menanganinya,” terangnya. “Dan, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil,” tutupnya sambil tersenyum.

Niat Mencuri Ponsel, Maling Dikeroyok Warga

Image result for ilustrasi maling ponsel

JAKARTA, Lunarialiva.wordpress.com – Pagi itu kehebohan terjadi di Jl.Jatayu 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (4/7/2017) saat seorang maling ditangkap warga karena tertangkap basah berniat untuk mencuri ponsel salah seorang warga. Maling itu pun dihakimi warga hingga babak belur. Ketika polisi datang, wajah si maling sudah penuh dengan darah karena dihabisi oleh warga sekitar yang kesal lantaran niatnya mencuri ponsel.

Setelah ditelusuri, kejadian itu terjadi pada pukul 05.00 pagi. “Kejadiannya subuh tadi, waktu saya mau naik ke lantai atas buat bangunin ibu saya, saya justru ngeliat ibu saya lagi ditodongin pisau sama malingnya,” ungkap Ade Irma (26) anak korban. Korban sendiri rupanya sudah berupaya untuk melawan saat melihat orang asing masuk ke rumahnya, namun hal tersebut ia urungkan saat melihat sang maling menodongkan senjata tajam padanya.

Ade Irma juga mengungkapkan bahwa maling tersebut juga merupakan warga sekitar dan mengenal korban. “Iya, kenal kok. Orang udah biasa juga ke rumah,” terang Ade Irma. “Kayaknya itu kepepet, mbak. Soalnya istrinya lagi hamil 8 bulan,” lanjutnya. Ade Irma yang saat itu melihat ibunya ditodog pisau sontak berteriak yang berniat untuk lari keluar meminta pertolongan pada warga sekitar. Maling yang gelagapan melihat Ade Irma memergokinya dan berniat lari sontak mendorong Ade Irma dari tangga dan melangkahinya untuk berniat kabur. “Iya, mbak, saya dilangkahin. Ini aja tangan sama kaki saya masih sakit,” jelasnya sambil mengangkat pergelangan tangan dan juga kakinya untuk menunjukkan luka memar disana.

Saat ditangkap, warga memang datang ke rumah pelaku dan memberitahu istri pelaku. “Istrinya nangis, mbak. Mungkin shock karena nggak nyangka suaminya maling. Dari tadi aja diem terus,” ungkap Agus (53) tahun yang merupakan tentangga korban. Saat polisi membawa pelaku ke polres terdekat, istri pelaku dan korban juga ikut serta sebagai saksi.

Kucing Bisa Bikin Mandul, Mitos Atau Fakta?

Image result for kucing

 

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling digemari oleh banyak orang untuk dijadikan binatang peliharaan. Selain karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, bulu kucing juga merupakan salah satu faktor kenapa kucing sangat digemari. Tapi, ada beberapa orang yang menganggap kalau bulu kucing dapat membuat wanita mandul atau tidak bisa hamil, benarkah demikian?

Ternyata, setelah mewawancarai Dr.Frensis, salah satu dokter umum di sebuah klinik, Rabu [13/7/2017] mengatakan bahwa hal tersebut adalah fakta. “Sebenarnya, penyebab kemandulan pada manusia dipicu oleh infeksi parasit Toxoplasma. Parasit ini tumbuh bukan hanya pada bulu kucing, tapi juga pada hewan lain seperti anjing, ayam, burung, kuda, dan juga tikus. Hanya saja ada perbedaan pada parasit Toxoplasma pada bulu kucing” katanya.

Perbedaan tersebut terletak pada cara perkembangbiakkan parasit Toxoplasma. Kalau dalam hewan lainnya, parasit Toxoplasma berkembangbiak dengan cara aseksual atau membelah diri. Namun pada blu kucing, parasit tersebut berkembangbiak dengan cara aseksual dan seksual. Hal ini menyebabkan parasit tersebut jadi lebih cepat dalam proses berkembangbiak pada bulu kucing dan menyebabkan kucing dituduh sebagai hewan yang paling besar menyebabkan kemandulan.

Lalu, bagaimana parasit Toxoplasma itu menular pada manusia?

Menurut Dr.Frensis, parasit Toxoplasma bisa berkembang baik pada kucing ketika kucing diberikan daging yang mentah atau setengah matang. Hal ini karena kista Toxoplasma awalnya masuk ke dalam mulut kucing melalui makanan mentah tersebut, lalu dicerna oleh kucing dan dikeluarkan bersamaan dengan feses kucing. Dari feses inilah, saat manusia membersihkan feses tersebut parasit itu bisa menular pada manusia. Toxoplasma juga bisa menular dari menciumi kucing dan bulunya ikut terhirup ke saluran pernapasan kita.

“Gejala awal Toxoplasma itu sama seperti sakit flu, demam ringan, dan pasien juga menderita sakit kepala. Karena sakit ini tergolong sakit-sakit biasa, banyak yang nggak sadar kalau sebenarnya mereka sudah terkena parasit Toxoplasma,” ungkap Dr.Frensis. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kemandulan bagi pria dan wanita yang sudah tercemar parasit Toxoplasma, karena parasit tersebut menyebabkan peradangan pada saluran sperma bagi pria dan saluran telur pada wanita.

Ada beberapa cara untuk mencegah kucing terkena parasit Toxoplasma, yaitu :

  1. Berikan Kucing Makanan Matang dan yang sudah dibersihkan dengan baik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, makanan mentah atau setengah matang merupakan salah satu tempat kista Toxoplasma tumbuh dan akhirnya masuk ke dalam tubuh kucing. Jadi, untuk mengantisipasi hal tersebut, berilah kucing makanan yang matang dan sudah dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Menjaga Kebersihan Kucing

Menjaga kebersihan kucing bisa dilakukan dengan misalnya, memandikan kucing seminggu sekali. Dalam hal memandikan kucing ini, jangan terlalu sering dilakukan karena justru akan berbahaya pada kesehatan kucing itu sendiri. Lalu, bersihkan kandang atau tempat bermain kucing, tempat makannya, dan hal-hal lain yang ada di sekitar kucing.

  1. Jangan Terlalu Sering Kontak dengan kucing

Hal yang satu ini sepertinya yang paling sulit untuk dilakukan, karena biasanya para penggemar kucing akan susah sekali untuk lepas dengan kucing kesayangan mereka, apalagi tingkah kucing yang lucu membuat kita ingin sekali bermain dengan mereka. Tapi, untuk meminimalisir Toxoplasma, kita dianjurkan untuk tidak terlalu sering berkontak dengan kucing. Dan, kalau bisa, setelah bermain dengan kucing, cucilah tangan anda agar higienis kembali.

  1. Memberikan Vaksin

Jangan pernah lupa untuk memberikan vaksin pada kucing. Karena vaksin bisa membuat kucing semakin sedikit kemungkinan untuk terkena Toxoplasma.

  1. Memberikan Vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh kucing

Kekebalan daya tahan tubuh kucing juga menjadi salah satu faktor yang membuat kucing mudah terkena penyakit, contohnya parasit Toxoplasma. Karena itu, sering-sering lah membawa kucing ke dokter hewan untuk diberikan vaksin dan juga vitamin guna menjaga kekebalan tubuh kucing.